Tips-Tips menulis, supaya kamu tambah semangat nulis!

tips-tips menulis,,
[ala nisrina hanifah]

First,
1. kalau kamu mau nulis, niat dulu. semangat dulu. nah, kalau udah jelas tujuan kamu: nulis ini untuk apa dan buat apa, baru mulai siapkan kertas, penghapus, pinsil atau gadget seperti computer juga blh.

2. ikuti banya-banyak pelatihan menulis, agar kamu tahu ilmunnya menulis. misal :ejaan yang disempurnakan, penggunaan tanda baca, dll.
ata bisa juga kamu belajar: cara nyari ide, nulis itu gimana, dll. Kamu juga bisa belajar sama guru bahasa indonesia kamu di sekolah.

3. udah siap semua? sudah nemuin ide blum? Nah, kalau belum, refreshing…refreshing… atau bisa juga banyak-banyak baca buku. Eh, jangan salah lho! buku juga bisa jadi sumber ide. atau, ya.. ngobrol sama kakak-kakak yang lagi nungguin angkutan umum. Atau sama temen-temen nyari berita. Nonton berita/ film bagus juga boleh. Asal jangan film yang aneh-aneh aja, ya. Hehehe…

4. udah ketemu ide? tuangkan idemu sebelum hilang semua. Atau (aku) tulis di selembar kertas, cerita ini tentang apa sich, judulnya apa, dll. Atau bisa kita sebut garis besar. kalau aku lagi mood, ya aku tulis ceritanya. Aku panjang-panjangin sehingga sudah berbentuk atau bisa dibilang novel. ok?

5. jangan lupa berdo`a (kayak ujian aja). Suapaya kamu nulisnya lancar, penerbitnya juga baik sehingga mau nerima cerita kamu.

6. apabil penerbit yang kamu tuju tidak menerima ceritamu, jangan bersedih hati. Ini bukan akhir dari dunia tulis-menulismu! Jangan putus asa dulu. Ok?!? Tanyakan kepada penerbit tersebut, apa kesalahanmu sehingga ceritamu di tolak mereka. Jika kamu sudah tahu letak kesalahanmu, perbaiki! Sudah membuatr cerita baru dan sudah meperbaiki kesalhanmu? Kirim cerita itu. Usahakan kirim ceirtamu se sering mungkin (bukan tiap hari, lho!). ini dilakukan supaya penerbitnya menganggap dirimu tidak putus asa, terus berjuang agar ceritamu diterbitkan. Ok?

Sekian dariku. Selamat berusaha! Semoga berhasil…! 

Iklan

3 thoughts on “Tips-Tips menulis, supaya kamu tambah semangat nulis!”

Mind to give me some advice?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s